Rabu, 14 Januari 2009

Mengenal Software Web Browser

WWW (World Wide Web) adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja.

Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/ Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, Opera, Mozilla Firefox, SeaMonkey Flock, dan lain-lain.

Saya sendiri cenderung menggunakan Firefox karena sangat banyak plugins yang bermanfaat, di samping kecepatan yang sangat baik dalam melakukan browsing. Untuk member Masterbiznet.com, software Firefox ini telah disediakan gratis pada paket CD anda.

Namun dalam artikel-artikel selanjutnya, saya akan lebih banyak membahas Microsoft Internet Explorer, karena browser ini merupakan browser paling populer dan telah tersedia pada setiap komputer Windows, tanpa harus menginstallnya secara terpisah.

Microsoft Internet Explorer

Gambar 1 : Tampilan Internet Explorer (klik untuk memperbesar)

  1. Title Bar: Menampilkan nama atau judul halaman website yang sedang dibuka pada browser
  2. Menu Bar: Untuk mengakses fungsi-fungsi browser, seperti menyimpan dan mencetak halaman, atau melihat source code-nya.
  3. Tool Bar: Terdapat beberapa tombol utama yang paling sering digunakan dalam melakukan browsing:
    • Back — kembali ke halaman sebelumnya
    • Forward — menuju ke halaman berikutnya
    • Stop — membatalkan browsing
    • Refresh — mengulang kembali browsing yang gagal dengan alamat yang sama
    • Home — kembali ke tampilan pertama
  4. Address Bar: Tempat anda mengetikkan alamat sebuah website
yang ingin diakses. Misalnya: Apa Itu Surfing/ Browsing?

Surfing merupakan istilah umum yang digunakan untuk aktivitas menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. Karena itu para netter harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas.

Untuk mulai melakukan browsing, jalankan Internet Explorer dari komputer anda. Klik Start Menu > All Programs > Internet Explorer. Anda juga bisa mencari icon Internet Explorer pada desktop atau Quick Launch. Setelah itu ketikkan alamat website yang ingin diakses –pada Address Bar– lalu tekan Enter. Misalnya: www.detik.com. Tunggu beberapa saat sampai seluruh halaman selesai ditampilkan (loading). Waktu loading ini tergantung pada spesifikasi komputer dan kecepatan akses internet anda.

Menyimpan Halaman Sebuah Website

Jika anda ingin menyimpan halaman website yang sedang anda kunjungi, cukup dengan mengklik Menu File > Save as. Lalu pilih folder untuk menyimpan file tersebut. Nantinya anda bisa membaca kembali halaman tersebut di mana dan kapan saja, tanpa harus tersambung ke internet (working offline).

Bila ingin menyimpan gambar saja, klik kanan pada gambar dan pilih Save Picture As. Anda juga bisa melihat source code sebuah halaman. Caranya klik kanan pada halaman tersebut, lalu pilih View Source. Anda akan mendapatkan sebuah file teks (.txt) berisi kode-kode program web.

Nah, sekarang anda sudah melihat fungsi-fungsi dasar sebuah browser. Jika anda mulai keranjingan browsing, anda membutuhkan lebih dari 1 jendela program Internet Explorer agar dapat mengunjungi banyak halaman website secara bersamaan. Caranya, klik File > New > Window (CTRL+N). Pada Internet Explorer versi baru (versi 6.0 ke atas) –dan juga pada browser-browser lainnya– anda dapat membuka halaman lain pada satu jendela. Ini memungkinkan dengan ditambahkannya fitur “Tabbing”. Untuk melakukanya klik File > New > Tab

0 komentar:

Posting Komentar