Rabu, 14 Januari 2009

MENGENAL WEB WIDGET

Widget merupakan salah satu fasilitas yang dapat kita pergunakan untuk mempercantik tampilan blog atau website kita. Ada banyak fasilitas yang dapat kita pergunakan untuk blog kita dan hebatnya lagi semua tinggal pakai, alias sudah ready in use, tanpa harus membuatnya dari awal.
Di Internet ini, banyak sekali website yang menyediakan fasilitas widget yang dapat kita pergunakan sesuai kebutuhan kita. Semuanya gratis tinggal pakai, tanpa harus bayar, paling kita hanya melakukan registrasi atau signup untuk membuat account pada widget tersebut.

Setelah itu, maka kita tinggal pergunakan widget tersebut di halaman blog kita atau pada website kita. Inilah salah satu kemudahan lainnya dalam dunia internet.

Ada banyak yang bertanya pada mang, cara mempercantik blog, seperti yang terdapat pada blog mang ini. Nah…salah satu jawabannya untuk mempercantik blog kita adalah dengan widget ini.

Secara umum, memang di wordpress ini sudah tersedia berbagai widget yang bisa kita aktifkan untuk tampil pada sidebar menu blog kita. Tapi kalo anda yang kurang puas dengan widget yang ada dari wordpress ini, maka anda bisa menambahkannya dengan cara upload widget yang terlebih dahulu anda cari widget yang dibutuhkan pada data base wordpress.

Tapi untuk yang terakhir ini, memang bagi yang menggunakan wordpress.com akan kesulitan alias tidak tersedia fasilitas untuk upload new widget ke panel admin di wordpress anda.

Namun kalo anda menggunakan wordpress.org, hal ini sangat dimungkinkan, sehingga anda bisa menambahkan berbagai widget yang ada di wordpress untuk anda upload ke panel admin anda dan mengaktifkannya.

Tapi jangan kuatir dulu, buat anda yang menggunakan wordpress.com seperti yang mang ini, ada banyak widget tersedia untuk kita pergunakan seperti salah satunya Alexa.

Alexa merupakan widget traffic web yang dapat kita pasang pada blog kita dengan mudah. Tidak hanya itu, alexe ini juga bisa kita pergunakan untuk mengetahui PR blog kita berdasarkan pantauan dari Alexa.

Alexa, saat ini mungkin paling banyak diminati. Karena selain updatenya setiap bulan, juga perkembangan trafficnya sangat jelas dan lengkap. Sehingga kita dapat mengetahui, karakteristik dari blog kita, jumlah kunjungan setiap harinya, rata-rata lama orang berkunjung ke blog kita dan sebagainya.

Hal-hal seperti ini, merupakan informasi yang penting untuk kita butuhkan sebagai dasar kita mengetahui perkembangan blog kita.

Anggap saja begini, kalo saat ini ada sekitar 4,6 juta blog, dan setelah anda cek di alexa ternyata blog anda berada pada posisi 1,5 juta, itu berarti blog anda sudah cukup bagus dan banyak orang yang mencarinya.

Ok, sekarang bagaimana cara kita memasang widget alexa pada blog kita?

Untuk bisa memasang widget alexa ini, maka kita harus mengunjungi situs alexa di http://www.alexa.com/site/devcorner ini merupakan halaman khusus untuk developer dimana didalamnya terdapat fitur widget.

Nah, kalo sudah masuk kesini, yah…berarti anda tinggal cari dan pilih widget pada salah satu menunya. Sehingga nantinya anda akan diberikan tiga pilihan widget yang tersedia yaitu traffic graph, site stats button dan traffic rank button. Silahkan anda pilih mana yang mau anda pasang pada blog anda.

Sekedar catatan saja, kalo anda akan pasang traffic graph, maka website anda harus mencapai peringkat 100.000, baru nanti akan tampil dalam bentuk grafik yang menjelaskan karakteristik blog anda.

Jadi, mungkin anda bisa pilih untuk widget traffic rank button, widget ini tinggal anda masukan url blog anda, dan nanti secara otomatis alexa akan menvalidasinya, sehingga akan muncul rank untuk blog anda.

Setelah itu anda tinggal copy kode htmlnya lalu paste pada blog anda. Maka sekarang widget Alexa sudah terpasang pada blog anda.

Selamat mencoba, sukses terus untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar