Jumat, 30 Januari 2009

Web Designer Joomla membuat hidup berwarna

Apa sih tugas web designer (joomla)? Apa bedanya dengan web master (Joomla)? Kalau berbeda, dimana perbedaanya? Saya pilih jadi web designer atau web master? Kira-kira itulah pertanyaan yang sempat penulis dapatkan saat memberikan kuliah di program setara S2 dulu di sebuah lembaga pendidikan. Dan pertanyaan itu muncul lagi seiring tumbuhnya generasi (ABG) melek IT. Menjawab semua itu, saya coba meluruskan perbedaan kedua posisi itu dalam tulisan ini. Mohon saran dan komentarnya bila catatan saya tidak sesuai dengan keinginan anda.

Web designer dan web master memiliki peranan yang berbeda secara spesifik yang dipisahkan oleh tugas dan tanggung jawab. Tugas dan tanggung jawab adalah kunci yang aman untuk membedakan kedua profesi dan posisi itu. Seorang webmaster memiliki tanggung jawab untuk mengontrol langsung fungsi dan operasi sebuah situs. Webmaster harus mengontrol secara penuh fungsi sebuah web. Bila web tidak berfungsi dengan benar, maka tugas dan tanggung jawabnya telah gagal.

Web designer (baik perorangan, freelancer, individu, pehobi) adalah orang yang bertanggung jawab menghadirkan sebuah web yang indah dan fungsional dalam tataran ilmu desain. Web yang indah adalah memenuhi selera zaman yang berkembang saat itu. Seorang web designer akan mewujudkan web (joomla) dalam ranah fashion. Indah dipandang, dilihat dan dioperasikan. Seorang web designer harus memastikan fungsi-fungsi joomla bisa ditampilkan di web dalam template-template yang menawan. Bila membutuhkan sebuah web yang colorful dan apik, disitulah web designer berada. Sebaliknya bila lembaga, kantor atau anda sendiri hanya membutuhkan web berbasis text only atau tampilan seadanya, maka coretlah staff web designer dalam catatan anda.

Peranan Gue, Si Tukang Web designer

Dimana peranan web designer dalam CMS Joomla? Pertanyaan bagus. Saya menawarkan posisi sebagai web designer template Joomla. Karena posisi anda yang terdepak, maka anda bisa mengambil posisi sebagai pekerja freelancer. Atau mau meniru rekan se-tanah air yaitu sikumbang dan teman-teman yang memiliki bisnis komersial pembuatan template dengan pola keanggotaan (subscription). Silakan tengok tempat nongkrong mereka di www.templateplazza.com. Mungkin model bisnis ini bisa menjadi catatan anda untuk memulai berkiprah meramaikan bisnis template joomla komersial di tanah air.

Hal-hal apa yang harus dipelajari untuk menjadi web designer template joomla professional? Berikut ini adalah catatan saya yang mungkin bisa menjadi panduan (guideline) anda dalam menekuni dunia web designer. Ini panduannya yaitu:

1. Modifikasi dan bongkar habis template Joomla yang sudah ada. Bisa anda lakukan pencarian di google untuk yang free template. Bongkar kode CSSnya. Rekonstruksi design dan koding HTML-nya

2. Biasakan membuat template dari desain awal melalui tools web design seperti photoshop dan fireworks. Dari desain awal ini anda bisa mengolah dan mendisain dengan lengkap dan jelas. Seringlah bereksprimentasi membuat template.

3. Mempelajari teknologi baru dalam web design. Teknologi berkembang sangat cepat. Hal itu juga berlaku di dunia web design. Pastikan anda bisa memastikan teknologi itu dalam web template Joomla yang anda buat.

4. Anda harus memperluas dan memperlebar kemampuan dalam dalam teknologi CSS. Teknologi ini sangat berperan besar dalam menghasilkan web Joomla yang indah dan menawan.

0 komentar:

Posting Komentar